Translate

Jumat, 21 September 2012

biaya pendidikan dinaikkan tahun 2013

di dalam blog pendidikan bangsa blogspot.com , "Education Country" yang berjudul Dana atau biaya Pendidikan tahun 2013 akan mengalami kenaikan.
judul ini dilatar belakangi dari data yang menunjukkan bahwa dana pendidikan yaitu 20% APBN akan kembali digelontorkan di tahun 2013. indikasinya Dana Alokasi Umum (DAU) pendidikan tahun 2013 sekitar Rp 125 triliun. yang mana dana tersebut saat ini masih dalam proses pembicaraan oleh para birokrasi pemerintahan Indonesia.
"Penetapan DAU itu didasari oleh Undang-Undang Perimbangan Keuangan Daerah," kata Nuh, dalam kegiatan Safari Ramadhan, di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/8/2012).
Nuh menjelaskan, alokasi DAU sebesar itu akan digunakan untuk operasional pendidikan di daerah. Misalnya seperti pembayaran gaji guru PNS yang diangkat oleh daerah, dan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG). Ia menambahkan, alokasi DAU menjadi sangat besar karena pemerintah ingin memastikan semua gaji guru berikut TPG telah ditanggung oleh pemerintah pusat. "Itulah kenapa jumlahnya besar, karena memang kebutuhan yang paling besar," jelasnya. (21-9-2012,13.55)

dari wacana ini akan kami coba untuk sedikit memberikan komentar dan nantinya moho dari pembaca blog saya untuk memberikan komentar juga.
selanjutnya, memanbg dana sebanyak 125 T itu nantinya semisal benar-benar digelontorkan oleh pemerintah kepada rakyat akan memberiken efek positif, ketika memang seluruh rakyat yang terutama dalam dunia pendidikan bisa merasakan. akan tetapi yang menjadi pertanyaan, " apakah yang nantinya mendapatkan dana itu seluruh civitas dalam dunia pendidikan, baik itu guru, peserta didik, staf ataupun yang lainnya. atau hanya segelintir orang saja yang dapat merasakan?"

inilah yang harus menjadi pertimbangan kita, terutama bagi para pembuat kebijakan, sehingga nantinya DAU yang sebesar 125 T, yang kata MENDIKBUD itu salah satunya untuk PNS yang dinaikkan oleh daerah dan gaji tunjangan profesi guru. salah satu pekerjaan rumah adalah bagaimana supaya dana itu bisa sampai pada yang berhak sesuai alokasinya mulai dari daerah yang ramai sampai daerah yang benar-benar plosok di negeri ini.

tugas besar bagi diri saya, kamu dan mereka, untuk memeberikan opini dan saran demi terwujudnya pendidikan Indonesia yang lebih maju

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar